THE KINGMAKER (2019): Film Dokumenter Tentang Politisi Filipina, Imelda Marcos

THE KINGMAKER (2019): Film Dokumenter Tentang Politisi Filipina, Imelda Marcos

The Kingmaker adalah film dokumenter yang disutradarai dan ditulis oleh Lauren Greenfield bersama dengan seorang politisi bernama Imelda Marcos. Dikatakan filmcinema21 Film ini ditayangkan perdana di Festival Film Venice ke-76 pada Agustus 2019. Film dokumenter ini berfokus pada keluarga Marcos dalam upaya mereka untuk mengembalikan nama baik keluarga mereka dan kembali ke politik nomor dua. Imelda juga mengungkapkan rencana untuk mempersiapkan putranya, Bongbong, untuk Presiden Filipina. Ini juga membahas aliansi antara Bongbong dan Imee Marcos bersama dengan Rodrigo Duterte dalam memenangkan pemilihan Filipina 2016.

The Kingmaker dinominasikan untuk film dokumenter terbaik di Festival Film London dan Festival Film Stockholm, serta penghargaan Checkpoints di Festival Film Internasional Bergen. Film ini juga direkam dalam 4 nominasi dalam Critic’s Choice Documentary Awards, tetapi hanya memenangkan subjek langsung yang paling menarik dalam film dokumenter. Kingmaker juga memenangkan Audience Award untuk film dokumenter terbaik di Warsawa International Film Festival 2019. Film dokumenter ini juga mendapat skor tinggi di media online. Dimulai dengan peringkat 96% dari Rotten Tomatoes dan skor 76/100 dari Metacritic.

Lauren Greenfield sebagai sutradara, penulis dan produser untuk film The Kingmaker adalah pembuat film Amerika. Dia sebenarnya adalah seniman visual yang suka melakukan pekerjaan realistis melalui film dokumenter dan fotografi. Beberapa film dokumenter yang ia pernah kerjakan sebelumnya adalah; THIN (2006), Fashion Show (2010), Queen of Versailles (2012), Beauty CULTure (2012), Best Night Ever (2012), Bling Dynasty (2015), Magic City (2015) dan Generation Wealth (2018),

  • Jenis film: Dokumenter
  • Sutradara: Lauren Greenfield
  • Penulis: Lauren Greenfield
  • Pemain: Imelda Marcos
  • Sutradara musik: Jocelyn Pook
  • Foto: Lars Skree dan Shana Hagan
  • Editor: Per. K Kierkegaard
  • Produksi: Gambar Evergreen, Artemis Rising, Bloomberg Candescent Film, Impact Partners, Meadow Fund, Secret Sauce Media
  • Distributor: Film Dokumenter Showtime
  • Tanggal Rilis: 8 November 2019
  • Durasi: 100 menit

Lauren Greenfield mengeksplorasi kisah Imelda Marcos dengan pendekatan yang disebut ‘dialektika’, suatu teknik yang dengannya Imelda dapat menceritakan kisahnya dan perlahan-lahan memperkenalkan pandangan-pandangan yang berlawanan ketika film berlanjut. Film dokumenter ini dibagi menjadi dua bagian dalam studi kronologi kehidupan Imelda Marcos. Di babak pertama cerita dimulai dari awal. Imelda menjadi ibu negara Filipina pada tahun 1965, kemudian kisah dirinya dan suaminya yang berusia 21 tahun, yang menyebabkan Filipina dipaksa mengasingkan diri pada tahun 1986 selama Revolusi Kekuatan Rakyat. Sementara paruh kedua film ini menunjukkan kisah bagaimana mereka bertahan dan kembali ke politik di Filipina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *