Pengertian Gambar Perspektif dan Jenisnya

Pengertian Gambar Perspektif dan Jenisnya

Gambar perspektif merupakan sebuah gambar yang terlihat sesuai dengan pandangan mata manusia. Biasanya mata manusia melihat objek benda semakin jauh maka hasilnya semakin kecil sehingga gambar yang dihasilkan terlihat lebih realistis. Diambil dari Bahasa Italia yakni “prospettiva” yang berarti gambar pandangan. Gambar dilukis secara sesuai agar terbentuk objek atau gambar dari besar ke gambar kecil menggunakan satu titik hilang, dua titik hilang atau tiga titik hilang. Setidaknya terdapat 3 sudut pandang yang dilihat dari posisi mata kita berada dari objek tersebut yakni sudut pandang tinggi, normal dan juga rendah. Sudut pandang tinggi juga sering disebut sebagai sudut pandang mata burung yang seakan-akan kita melihat objek tersebut dari atas. Untuk sudut pandang normal, kita seolah-olah melihat objek atau benda dari posisi biasa yakni dari arah depan. Yang terakhir sudut pandang rendah atau yang sering juga disebut sebagai sudut pandang kucing yang seakan-akan kita melihat objek dari bawah. Perspektif satu titik hilang sangat sering digunakan untuk menggambar objek yang letaknya dekat dengan mata. Letak objek yang dekat membuat sudut pandang mata menjadi sempit sehingga garis-garis batas akan menuju ke satu titik saja. Dikatakan hilang karena titik yang dibuat tidak terlihat atau samar untuk patokan membuat garis bantu atau pembatas dari objek yang akan dibuat.

  • Ruang tamu
    Biasanya terdapat garis-garis pembatas yang berpusat pada satu titik. Dengan terbentuknya garis-garis tersebut, terciptalah sebuah gambar yang terlihat seperti melihat dari pandangan mata yaitu dari besar ke gambar kecil. akan tetapi di gambar ini tidak terlalu terlihat efek dari besar ke kecilnya karena objek yang digambar tidak terlalu luas.
  • Kota
    Terlihat gambar kota dengan banyak orang-orang di dalamnya yang disamping kanan dan kiri terdapat gedung-gedung tinggi. Di sini lebih tampak kesan dari besar ke kecilnya daripada gambar ruang tamu tadi karena memang objek yang digambar lebih luas.
  • Kereta api
    Goresan dari pensil yang dihasilkan sangat mengagumkan. Gambar rel kereta api dan juga pepohonan yang ada terlihat makin lama makin mengecil di kejauhan sehingga terkesan sangat nyata. Garis pembatasnya pun sudah dihilangkan agar gambar terlihat lebih menarik.

Gambar perspektif dua titik hilang dalam arsitektur biasanya digunakan untuk menggambar ruang eksterior suatu bangunan. Menggunakan dua titik hilang yang terlihat berjauhan dari sebelah kanan ke sebelah kiri. Gambar perspektif 2 titik hilang paling banyak digunakan dan paling mudah dibuat karena memang hasilnya cenderung tidak statis dan tidak simetris sehingga lebih wajar untuk dilihat. Selain eksterior, cara ini juga bisa digunakan untuk interior.

  • Tiga Benda
    Terlihat bahwa cara ini menggunakan garis-garis bantu atau pembatas yang dibuat dari 2 titik. Dari gambar di atas anda bisa membedakan mana objek yang lebih dekat dan jauh dari mata kita. Meskipun sangat sederhana namun gambar ini tetap terlihat keren.
  • Bangunan Toko
    Objek bangunan atau gedung memang yang paling sering digunakan dalam menggambar perspektif. Dari gambar di atas terlihat objek yang kecil dari kanan dan kiri kemudian makin membesar saat ke bagian tengah. Meskipun garis bantu sudah tidak ada, namun gambar ini tetaplah merupakan gambar perpektif.
  • Dapur
    Nah pada kesempatan kali ini kita masuk ke bagian interior, sangat terlihat jelas garis-garis yang dibuat untuk membuat objek tampak nyata dan proporsional sesuai dengan keadaan dapur nyata.
  • Kamar tidur
    Masih pada interior, sekarang kita masuk ke bagian kamar tidur. Sama halnya seperti gambar kedua, garis bantu sudah tidak terlihat pada gambar di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *