6 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Luka Operasi Caesar Cepat Sembuh

6 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Luka Operasi Caesar Cepat Sembuh

Beberapa cara perawatan luka operasi caesar disesuaikan dengan bentuk lukanya itu sendiri. Jangan sampai Anda merawat luka tersebut tanpa anjuran dokter, karena bisa jadi proses penyembuhan luka akan semakin lama.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar luka bekas operasi caesar bisa sembuh lebih cepat, yaitu:

  1. Tidak boleh membiarkan tubuh kelelahan

Pastikan tubuh untuk selalu beristirahat total. Segala sesuatu yang dibutuhkan, tidak boleh jauh dari jangkauan Anda. Hindari juga mengangkat barang-barang berat, mengerjakan aktivitas beres-beres rumah, dan lain sebagainya yang sekiranya membuat tubuh Anda kelelahan. Jika hal ini tidak Anda perhatikan, kemungkinan besar luka bekas operasi akan tetap terbuka atau bahkan mengiritasi kulit di sekitar luka tersebut.

  1. Mendukung posisi perut

Perhatikan posisi perut Anda saat berdiri dan berjalan, pastikan Anda gunakan postur tubuh yang baik. Hal ini ditujukan agar luka tidak kembali terbuka. Kemudian, saat Anda bersin, batuk, maupun tertawa, sebaiknya tahan sedikit agar bekas luka tetap tertutup.

  1. Konsumsi makanan sehat dan banyak minum cairan

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang tepat, maka penyembuhan luka akan lebih cepat. Cairan juga sangat dibutuhkan selama masa penyembuhan luka bekas operasi caesar.

  1. Tetap menjaga kebersihan luka

Menjaga luka tetap bersih merupakan salah satu cara untuk mencegah luka terinfeksi bakteri dan kuman. Bersihkan luka saat mandi dengan sedikit sabun, gosok secara lembut, dan keringkan dengan handuk bersih dengan menepuknya pelan-pelan.

  1. Jaga sirkulasi udara pada area luka

Tidak baik jika luka ditutup rapat-rapat, sehingga menimbulkan luka yang terlalu lembab dan akhirnya susah untuk kering. Dengan sirkulasi udara yang baik, maka dapat mendorong penyembuhan luka semakin cepat. Gunakanlah baju longgar untuk menjaga sirkulasi udara yang baik pada area luka.

  1. Tidak melewatkan jadwal kontrol ke dokter

Untuk kasus tertentu, misalkan luka dijahit dengan jahitan yang tidak akan menyatu dengan kulit. Maka kondisi luka tersebut harus terus dikonsultasikan kepada dokter sampai jahitannya diangkat kembali.

Itulah beberapa hal yang Anda perhatikan pada luka bekas operasi caesar. Jika Anda diharuskan menebus obat resep dokter, maka sekarang bisa Anda temukan di GoApotik. Selain obat resep dokter, ada juga beberapa jenis obat-obatan lainnya, seperti salah satunya obat luka bakar kena minyak panas yang ampuh menyembuhkan luka dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *